Selasa, 09 Oktober 2012

TENTANG CINTA



Masa remaja, yaitu masa seseorang ketika berumur 12- 21 tahun, adalah masa yang bergejolak. Masa- masa penuh kegalauan, sebab pada masa remaja, seseorang sedang mencari jati dirinya masing- masing. Masa ketidakstabilan, karena masa peralihan antara masa anak- anak menuju masa dewasa.
Perubahan- perubahan banyak terjadi pada masa ini tidak hanya perubahan fisk saja namun juga perubahan pada psikis remaja. Pada masa ini,tidak dipungkiri, remaja pasti akan mengalami yang namanya cinta. Cinta pada lawan jenis. Cinta adalah rasa suka, sayang, kagum dan rasa senang yang lain kepada orang yang dicintainya. Cinta adalah rasa yang sulit didefinisikan, rasa yang abstrak namun membuat melambung dan senang terhadap orang yang dilanda cinta. Cinta yang membuat diri kita bisa semangat dan tiba- tiba bisa membuat diri kita patah semangat atau merasa sakit tanpa sebab yang pasti, yaa,, itulah cinta. Pernahkan Anda mengungkapkan “AKU CINTA PADAMU,” atau “AKU SAYANG PADAMU”? Atau, sudah berapa kali Anda mengungkapakan pada orang yang Anda cintai? Bergetarkah hati Anda ketika Anda mengucapkan atau mendengar kata itu dari orang yang Anda cintai? Bagaiman perasaan Anda? Simpan selalu rasa itu di dalam kalbu Anda masing- masing.


Rasa cinta juga tidak terlepas dari rasa cemburu. Rasa cemburu muncul bila orang mengganggap pasangannya tertarik pada orang lain (White, 1981 dalam David O. Sears, dkk). Menurut Berscheid, rasa cemburu akan memuncak bila seseorang sangat tergantung pada pasangannya dan bila seseorang mengganggap ancaman itu sebagai ancaman yang serius. Nah,, sudah pernahkah Ana merasakan cemburu?
Dalam buku Psikologi Sosial karangan David O. Sears, Jonathan L. Freedman, dan L. Anne Peplau, dipaparkan 6 definisi cinta yang diidentifikasikan oleh peneliti, yaitu:
1. Cinta Romantik
Cinta ini ditandai oleh pengalaman- pengalaman emosional. Biasanya cinta ini adalah cinta pada pandangan pertama. Yang penting dalam bentuk cinta ini adalah adanya daya tarik jasmaniah. Orang- orang yang teribat dalam bentuk cinta ini sepakat bahwa “pada sentuhan pertamanya saya tahu bahwa cinta adalah sesuatu kemungkinan yang nyata”.
2. Cinta memiliki
Orang yang terlibat dalam cinta ini merasakan pengalaman emosional yang kuat, mudah cemburu, sangat terobsesi pada orang yang dicintai. Orang- orang yang mengalami cinta ini biasanya tergantung pada orang yang dicintainya, dia merasa takut tersisih. Keterlibatannya dalam cinta ini sangat mudah berubah dari yang persaan sangat bahagia sampai rasa putus asa. Menurut mereka “bila kekasih saya tidak member perhatian kepada saya, saya merasa sakit”.
3. Cinta kawan baik.
Cinta ini mengutamakan bentuk kekraban yang meyenangkan. Cinta ini biasanya tumbuh perlaan- lahan dan diawali dari sebuah persahabatan, saing berbagai dan saling mengungkapakan diri secara bertahap. Cirri- cirri dari cinta ini adalah bijaksana, hangat, dan penuh persaudaraan. Orang- orang yang teribat dalam cinta ini mengatakan “cinta yang baik adalah cinta yang tumbuh dari sebuah persahabatan”.
4. Cinta pragmatic
Menurut Lee, dalam cinta ini, adalah cinta yang menuntut adanya pasangan yang serasi dan hubungan yang berjalan baik, kedua pihak merasa betah berada di dalamnya dan dapat saling memuaskan kebutuhan- kebutuhan dasar atau kebutuhan praktis mereka” (1973, 124). Orang yang terlibat dalam cinta pragmatic ini sangat logis dan banyak pertimbangan dalam memilih pasangan mereka, yang menuntut mencari pasangan sesuai dengan dirinya. Dalam cinta pragmatic ini juga mereka lebih senagn mencari kepuasan daripada kegembiraan. Menurut mereka “Anda per merencanakan kehidupan Anda secara seksama sebelum memilih kekasih”.
5. Cinta altruistic
Cirri utama dari cinta ini adalah adanya perhatian, keinginan untuk selalu memberikan sesuatu, dan selalu siap memaafkan kesalahan pasangannya. Cinta ini diartikan sebagai suatu tugas yang harus dilakukan tanpa pamrih. Bentuk cinta ini diungkapkan melalui pengorbanan diri, kesabaran, dan rasa percaya terhadap orang yang dicintainya. Menurut mereka, “saya mencoba menggunakan kekuatan saya sendiri untuk membantu kekasih saya melewati masa- masa sulitnya, bahkan saat dia melakukan tindakan bodoh”.
6. Cinta main- main
Dalam bentuk cinta ini, yang paling penting adalah startegi, dan keterikatan biasanya dihindari. Orang yang terlibat dalam cinta ini biasanya mempunyai hubungan lebih dari satu pada satu saat. Tidak ada hubungan yang berjalan dalam waktu lama karena biasanya hubungan ini akan berakhir ketika pasangannya sudah mulai bosan atau menjadi teralu serius. . menurut mereka “bagian yang paling menyenangkan dari cinta adalah menguji kemampuan seseorang untuk menjaga agar hubungan itu berjalan terus dan orang sekaligus mendapatkan apa yang diinginkannya”.
Hatkoff & Lasswell, 1979; Hendrick dan kawan- kawan mejelaskan bahwa pada umumnya, pria lebih romantic dan mengakui adanya cinta pada pandangan pertama, atau hanya main- main untuk menikmati pengalaman cinta. Sedangkan wanita lebih menyukai cinta kawan baik dan cinta pragmatic.
Dari beberapa definisi tentang cinta diatas, mana yang sesuai dengan diri Anda? 

2 komentar:

  1. Cinta memang rumit,
    sulit dipahami...
    susah dimengerti...
    namun setauku
    cinta nenbuat hidup kita menjadi lebih berwarnya karenanya..........

    BalasHapus